Sabtu, 25 April 2009

blindness

hallo hallo hallooooooooooooooooooo iya iya blindness berarti long time no see (buta) ha-ha luccccccccu. hahaha kebiasaan deh gue belom cerita udah ketawa duluan (padahal ntar ga ada yang lucu -,-------- nah jadi Blindness itu novel yang baru tadi siang gue selesain, jumlah halamannya ada 452 hhhhhhh hhhhhh berapa minggu gitu gue baru bisa selesein nih novel satu hahaha as you know ini pertama kalinya gue baca novel yang jumlah halamannya diatas 200 wkwkwkwkwk. blindness ini salah satu karya Jose Saramago keren deh ah (apanya?) nama lengkapnya Jose de Sousa Saramago. Saramago itu udah tua deh masa dia lahir tahun 1922 (trus kenapa?) berarti sekarang umur dia udah 87 tahun ya? trus pas taun 1998 di menang nobel gitu awwwwwwww (biasa aja deh)oiya di naskah aslinya novel ini tuh berjudul (cielah berjudul) Ensaio Sobre a Ceguira hemmmm inti ceritanya tuh kea gini nih

"Sebuah kota tanpa nama tiba-tiba dilanda epidemi kebutaan massal. Tak pandang status. Seorang pelacur, pencuri mobil, polisi, bocah bermata juling, apoteker, bahkan seorang dokter mata. Buta yang putih, seperti lautan susu.

Pemerintahan panik. Sebuah kamp penampungan disiapkan untuk mengisolasi kaum buta. Satu persatu dalam waktu singkat seluruh orang buta dimasukkan ke tempat itu, layaknya mengandangkan binatang.

Hanya satu orang yang terbebas dari mata. Dialah istri si dokter mata. Namun dia memilih mengikuti suaminya ke penampungan itu. Dia berpura-pura buta.

Dalam kepura-puraannya inilah, dia menjadi saksi interaksi orang-orang buta itu. Menyaksikan sebuah nilai dibentuk diantara mereka. Puncaknya, ketika ada sekelompok orang yang ingin menjadi penentu moral di tempat itu. Tak hanya itu, mereka menunjuk dirinya menjadi penguasa, hanya karena mereka memegang sebuah senjata api. Merekalah yang mengatur pasokan makanan yang didatangkan oleh tentara.

Awalnya mereka meminta para interniran –sebutan untuk mereka kaum buta di tempat ini— untuk menyerahkan harta benda yang dibawa. Ketika tak ada lagi harta yang bisa diserahkan, mereka meminta kaum perempuan untuk memuaskan hasrat seksualnya.

Kondisi ini tidak bisa diterima, hingga akhirnya sebuah pemberontakan terjadi. Istri dokter merencanakan pembunuhan pimpinan kelompok gangster ini. Pria bersenjata itu, pimpinan kelompok, akhirnya tersungkur di puncak orgasme yang didapatnya dari seorang perempuan.

Pemberontakan berlanjut, hingga terjadi sebuah kebakaran hebat membakar tempat itu. Para internir itu akhirnya bisa keluar."

yah sama aja gue ceritain semuanya ya -,,,,,,- eh ada wening halo weniiiiiiiing ampun ampun canda ga deng ga semuanya eh coba perhatiin deh disitu ga ada nama tempat ataupun nama orang kan ya ya emang gitu aslinya Saramago cuman ngasih sedikit petunjuk gitu awwwwwwww (kenapa lagi nih anak) oiya trus sampe akhir cerita belum (ah belum) jelas apa penyebab mereka buta ah penuh misteri banget bikin aku klepek klepek (?) udah ah mending aku kasih liat wujud novelnya seperti ini niiiiiiih





itu serem deh gambar yang di covernya jadi kan tiap ganti bab kan ada gambar itu kan nah gue pasti selalu di bikin kaget -.- nah kalo yang ini apanya ya hem poster (?) filmnya -.------





AH TAPI FILMNYA ITU KELUAR TAUN 2008 YAH BERARTI UDAH LEWAT DONGGGGGG (skut aje nya skuuuuuuut) yaudah deh segini aja intinya gue cuma mau pamer kalo gue baca novel 400 halaman wakakak banyak yang lebih iya tau gue hahaha eh abis ini gue mau posting lagi, tungguin yaaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar